Tuesday, August 11, 2009

Berjalan Kaki Hilangkan Stres


Jadwal aktivitas yang padat, tuntutan kebutuhan ekonomi hingga rutinitas beban pekerjaan yang berat adalah salah satu pemicu terjadinya stres. Stres juga merupakan faktor pemicu terjadinya berbagai penyakit, seperti nyeri punggung, masalah perut, tekanan darah tinggi, hingga jantung. Banyak cara untuk menghilangkan stres dari dalam benak kita, mulai dari berkumpul bersama keluarga, melakukan kegiatan yang berhubungan dengan hobi kita hingga melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki.

Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti yang memantau kebiasaan berolahraga dari 82 perempuan dalam 8 minggu. Dan, hasil yang mereka temukan adalah para perempuan cenderung lebih jarang berolahraga ketika mereka sedang dilanda stres. Padahal sebenarnya, kita bisa membuat olahraga jalan kaki sebagai peredam stres. Berikut pengaturan latihan berjalan yang dapat membantu kita meredakan tekanan di kepala tersebut. Selalu berpikir positif. Katakan pada diri sendiri, dengan berjalan kita dapat meraih pencapaian yang lebih dari yang ditargetkan. Mengapa, karena berolahraga akan membuat badan lebih sehat, bugar dan berpikir lebih jernih.

Alhasil, kita akan menjadi orang yang lebih produktif. Berjalan di pagi hari sebelum orang lain keluar beraktifitas, akan memberikan kita kesempatan untuk lebih fokus kepada diri sendiri, jelas Suki Munsell, PhD, direktur dari the Dynamic Health and Fitness Institute di Corte Madera, California. “Ketika hari terasa begitu padat serta banyaknya keputusan yang harus diambil, berjalan kaki di pagi hari bisa memberikan saya jawaban dan kejelasan mengenai segala masalah yang saya hadapi,“ papar Suki. [swaberita;Fristiandi Nugroho]

0 komentar: