Sunday, August 2, 2009

Fenomena Online, Kebutuhan atau Lifestyle?

“..siang malam ku selalu menatap layar terpaku, untuk online..online..online..online..”

Begitulah sepenggal lyric lagu online milik saykoji yang akhir-akhir ini sering kita dengar. Hampir setiap orang dari anak SD sampe orang dewasa sudah familiar dengan istilah online. Pengertian online sendiri adalah keadaan di mana seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar.Dalam hal ini suatu jaringan atau sistem tersebut adalah Internet.

Dewasa ini sudah banyak dari masyarakat kita yang mengenal internet. Umumnya mereka menggunakan layanan internet untuk pekerjaan atau sekedar hiburan.mulai dari membuka e-mail,blog,situs jejaring sosial seperti friendster,facebook,myspace,twitter atau hanya sekedar mencari info di dunia internet. Apalagi dengan banyaknya sarana teknologi memudahkan untuk kita berselancar dunia internet kapanpun dan dimanapun. Mulai maraknya hotspot area di manapun menjadikan kita selalu mobile untuk berinternet. Hotspot area ini sudah tersedia dimana-mana seperti di sekolah, kampus-kampus, pusat perbelanjaan/mall, taman kota, cafe, dan bahkan sampai salon kecantikan serta washing car pun menyediakan hotspot area.

Berdasarkan data dari internetworldstats penggunan internet di Indonesia telah mencapai 25 juta orang atau masuk kelompok pengguna 5 besar di Asia setelah Cina (298 juta), diikuti Jepang, India, dan Korea kemudian Indonesia.

 
Sementara itu berdasarkan data seluruh dunia, pengguna internet di asia menempati posisi pertama dengan 657 juta pengguna. Besarnya jumlah pengguna internet di negara Asia sangatlah wajar mengingat lebih 55% penduduk dunia berada di benua Asia yakni 3.7 miliar jiwa.

 
Begitu banyaknya penikmat internet di indonesia yang mencapai 25 juta jiwa,merupakan cerminan bahwa minat masyarakat terhadap dunia online sangat antusias.Menurut para pengamat,pengguna internet di indonesia akan jauh lebih banyak dalam 1-2 tahun mendatang bahkan bisa mencapai 2x lipat dari sekarang. Fenomena online apakah ini?samapai sebegitu besar antusias masyarakat terhadap internet,bahkan anak SD pun ada yang tiap hari tidak pernah lepas dari HPnya hanya untuk browsing membuka FACEBOOK update status,baca wall,dll. Dikampus aku saja disetiap sudut kampus terdapat area hotspot,kebanyakan mahasiswa memanfaatkannya disaat jam kosong menunggu kuliah bahkan gak sedikit mahasiswa ada yang lebih memilih berinternet ria ketimbang kuliah. ahahaha…ada juga yang rela malam2 kekampus hanya untuk berhotspot ria,nyari yang gratisan gt. Hohoho….

Sekarang ini, internet merupakan sudah menjadi suatu kebutuhan ketimbang lifestyle. Dahulu memang internet masih jarang dan hanya sebuah lifestyle bagi kalangan tertentu namun dengan berkembangnya teknologi serta kritisnya masyarakat sekarang,internet sudah menjadi suatu hal yang biasa dan menjadi suatu kebutuhan. Dan sekarang kita tinggal memfilter apa dampak positif dan negatif dari online itu sendiri,semua kita serahkan pada diri masing-masing. thank's

0 komentar: