Friday, July 31, 2009

Gunakan Bahan Berbahaya, HP Diprotes

HP tunda komitmen untuk tidak menggunakan substansi berbahaya pada komputer mereka.

Sejumlah aktivis dari kelompok pecinta lingkungan Greenpeace memanjat gedung yang menjadi kantor pusat Hewlett-Packard (HP) di Palo Alto, California, Amerika Serikat (AS), Rabu 29 Juli 2009. Menggunakan cat bebas racun, mereka menuliskan kalimat 'Hazardous products' atau 'produk berbahaya' di atap gedung. Bersamaan dengan itu, pesan suara dari aktor William Shatner, pemeran Kapten James T. Kirk dalam serial televisi Star Trek, diperdengarkan melalui sistem otomatis sehingga seluruh staf di dalam gedung bisa mendengar.
"Tolong katakan pada pemimpin kalian, Mark Hurd, agar membuat komputer yang bebas dari racun plastik PVC dan unsur kimia bromine, seperti yang dilakukan Apple," kata Shatner, seperti dikutip dari laman Tgdaily. HP membuat murka Greenpeace karena melanggar komitmen untuk tidak menggunakan racun kimia dalam produk mereka. Greenpeace juga sedang mengawasi Dell dan Lenovo.

Awal tahun ini, HP menunda komitmen yang dibuat pada 2007, untuk tidak menggunakan substansi berbahaya seperti bromine (BFR) dan plastik PVC (polyvinyl chloride) dalam produk komputer mereka, kecuali server dan printer, dari 2009 hingga 2011. Greenpeace menyebut perusahaan lain lebih baik dibanding HP, seperti produk komputer Apple yang bebas PVC BFR.

HP mengatakan sedang berupaya memenuhi komitmen mereka. "Pada musim gugur 2010, semua produk PC komersial yang diluncurkan akan bebas dari BFR/PVC. Pada akhir 2011, semua produk PC yang diluncurkan akan bebas BFR/PVCs," kata pihak perusahaan dalam sebuah pernyataan. Sebelumnya, aktivis Greenpeace sudah melakukan aksi serupa di kantor HP di China dan Belanda. [vivanews]

0 komentar: