Thursday, July 30, 2009

Apakah pahala sepuluh kali lipat itu berlaku untuk setiap perbuatan yang baik?

Soal:
Apakah pahala sepuluh kali lipat itu berlaku untuk setiap perbuatan yang baik?

Jawab:
Al-Quran mengatakan, “man jâ-a bil hasanah falahû ‘asyru amtsâlihâ”, Barangsiapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya.

Siapa saja membawa amal kebaikan atau amal hasan atau kebajikan, maka pahalanya sepuluh kali lipat. Yang terpenting adalah “membawa” kebaikan atau kebajikan itu hingga hari kiamat tiba, bukan sekedar pada saat “melakukan”nya di dunia.

Bekerja untuk sesama, atau mengantarkan suatu bangsa pada tujuan kemaslahatan, tentu saja bernilai tinggi dan luhur. Tetapi jika kemudian di tengah jalan pekerjaan mulia tersebut kita binasakan dengan perilaku menyimpang, maka kita tidak akan mendapatkan nilai apa-apa. Banyak sekali amal yang tampak luarnya baik, tetapi mengalami kehancuran dan tidak sampai pada tujuan.

Barangkali, sejak awal kita melakukan perbuatan tertentu dengan riya’, tidak dengan niat dan tujuan suci (mendekatkan diri kepada Allah Swt). Atau, melakukan amal yang pada awalnya dengan niat tulus, tapi kita merasa angkuh dan bangga diri. Atau setelah beramal, kita berbuat dosa yang dampaknya menghapus amal bail yang telah kita kerjakan. Maka, meskipun untuk tiga hal tersebut di atas kita melakukan amal yang baik, tetapi tetap saja kita tidak akan sampai pada tujuan.

Oleh karena itu, al-Quran tidak mengatakan, “Barangsiapa melakukan amal kebajikan maka pahalanya sepuluh kali lipat” tetapi mengatakan, “Barangsiapa membawa amal kebajikan (sampai akhir hayat), maka baginya pahala sepuluh kali lipat”.

Man jâ-a bil hasanah
= Barangsiapa membawa amal yang baik.

0 komentar: