Wednesday, March 28, 2012

Perkembangan Sistem Ekonomi Global


Sebelum kita membahas lebih jauh tentang sistem ekonomi global, kita harus tahu apa itu ekonomi. Ekonomi berasal dari kata "oikos" dan "nomos". Arti ekonomi adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Adapun kegiatan ekonomi dibagi menjadi tiga, yaitu: produksi, distribusi, dan konsumsi.

Untuk mengatur ketiga jenis kegiatan ekonomi tersebut, diperlukan sebuah sistem, yaitu sistem ekonomi. Dengan adanya sistem, kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan teratur.

Adapun sistem ekonomi global, pada dasarnya dikelompokkan menjadi tiga juga, yaitu: sistem kapitalis, sosialis, dan campuran. Sistem ekonomi kapitalis berprinsip bahwa warga negara memiliki hak seluas-luasnya untuk melakukan kegiatan ekonomi tanpa campur tangan pemerintah.

Sebaliknya sistem ekonomi sosialis adalah sistem ekonomi yang terpusat pada pemerintah dan rakyat tak memiliki ha sama sekali dalam hal kepemilikan aset negara, dan terakhir yaitu sistem ekonomi campuran adalah kombinasi antara kapitalis dan sosialis.

Mana yang Berlaku Sekarang?

Sebelum kita menjawab, mana sistem ekonomi global yang berlaku sekarang, maka mari kita cermati kegiatan ekonomi pada masa sekarang ini. Sebagian besar kegiatan ekonomi yang dilakukan adalah condong pada kapitalis. Apa ciri-cirinya?

Salah satunya adalah pihak swasta dibebaskan untuk memekarkan usahanya seluas-luasnya tanpa dibatasi. Dalam artian lain juga berarti pihak yang bermodal bisa melakukan apa saja, atau bisa berarti uang adalah segalanya.

Lihat saja pada zaman sekarang ini, bukankah yang menguasai dunia memang orang-orang yang memiliki modal yang besar. Bukankah yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin. Itulah salah satu sisi kejam dari sistem ekonomi global yang kapitalis.

Ciri lain dari sistem ekonomi global yang mengarah ke kapitalis adalah eksploitasi sebesar-besarnya pada sumber daya alam tanpa memikirkan efek jangka panjang. Satu hal yang hanya menjadi pemikiran kaum kapitalis, yaitu untung, untung, dan untung. Tak ada yang lain.

Mengapa Sistem Ekonomi Global Cenderung Kapitalis?

Sistem ekonomi global mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Mulai dari sistem ekonomi tradisional, modern, hingga kapitalis seperti sekarang. Perkembangan sistem ekonomi global tersebut juga dipengaruhi oleh perkembangan pola pikir manusia.

Semakin lama, manusia cenderung semakin ingin bebas dan tidak mau dikekang keinginannya. Begitu pula dengan kegiatan ekonomi yang mereka lakukan. Mereka semakin ingin terlepas dari aturan-aturan yang selama ini diberlakukan pemerintah.

Oleh sebab itu, sistem ekonomi kapitalis mengalami perkembangan yang cukup pesat. Saat ini, hampir negara-negara di seluruh dunia menggunakan sistem ekonomi kapitalis. Sekalipun negara tersebut mengatakan bahwa sistem ekonominya adalah campuran, namun pada kenyataannya adalah kapitalis.

Sehingga bila ada orang yang bertanya, sistem ekonomi apakah yang dipakai dunia saat ini? Jawabannya memang sistem ekonomi kapitalis. Yang kuat akan semakin kuat, sedangkan yang lemah akan semakin lemah. Sungguh ironi. []

0 komentar: