Wednesday, April 28, 2010

Download Software Tajwid


Tajwid adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara membaca al-Qur'an dengan baik dan benar. Ilmu Tajwid bertujuan untuk memberikan tuntunan bagaimana cara pengucapan ayat yang tepat, sehingga lafal dan maknanya terpelihara sebab kesalahan dalam membaca al-Qur'an itu akan sangat mempengaruhi makna dan pengertiannya.

Membaca al-Qur'an termasuk ibadah, namun bukan berarti membaca al-Qur'an asal-asalan tapi harus sesuai ketentuan. Ini sesuai dengan perintah Allah dalam al-Qur'an surat al-Muzzammil ayat 4: "... Bacalah al-Qur'an itu dengan Tartil". Menurut ahli tafsir Ibnu Katsier, Tartil adalah membaca dengan perlahan-lahan dan hati-hati karena hal itu akan membantu pemahaman serta perenungan terhadap al-Qur'an.

Selain itu, Tajwid tidak dapat diperoleh hanya sekedar dipelajari namun juga harus melalui latihan, praktek, dan menirukan orang yang baik bacaannya.

Di era digital seperti sekarang ini, telah banyak tersedia software yang dikhususkan untuk lebih mempermudah belajar tajwid. Salah satunya adalah Software Tajwid yang bisa didownload disini. Salah satu keunggulannya, Software Tajwid ini berformat Flash sehingga kelihatan lebih atraktif yang dilengkapi suara (audio) sehingga akan lebih mudah khususnya dalam pelafalan (makharijul huruf). Untuk download, silahkan KLIK DISINI.

Jika Anda benar-banar baru belajar Tajwid dan/atau al-Qur'an, saya sarankan agar belajar langsung pada ahlinya dan jadikanlah Software Tajwid ini sebagai pelengkap saja.

SEMOGA BERMANFAAT... [ramdhan]

2 komentar:

RAMDHAN said...

Sumber: http://www.ramdhan.co.cc/2010/04/software-tajwid.html
Alhamdulillah.. saya senang sekali bahwa postingan dalam blog saya ada disini. Namun alangkah baiknya jika dicantumkan sumber (penyusun) aslinya. Mohon maaf jika kedatangan saya ini kurang berkenan. Terima kasih. Salam silaturahmi..

Hasan M said...

Salam silaturahmi juga mas ramdhan. Syukran ya sudah diingatkan. Jadi malu, hehehe......