Wednesday, December 1, 2010

Psikolog atau HRD?


Punya mimpi jadi Psikolog terkenal seperti Tika Bisono? Ato mimpi jadi tim HRD (Human Resources Development/ Pengembangan Sumber Daya Manusia) sebuah perusahaan besar? Dua profesi ini identik dengan lulusan psikologi. Pengen tau kerjaannya kayak gimana? Baca infonya yach….

--------------------------------------------------------------------------------

Onne Aquari, Psi
Psikolog

Apa itu Psikolog?
Psikolog adalah orang yang ahli dalam bidang psikologi. Psikologi sendiri merupakan bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental seseorang. Psikolog dapat dikategorikan ke dalam beberapa bidang sesuai dengan cabang ilmu psikologi yang ditekuninya. Tetapi kata "psikolog" lebih sering digunakan untuk menyebut ahli psikologi klinis, dan ahli psikologi di bidang kesehatan mental.

Pekerjaan Psikolog seperti apa?
Psikolog punya tugas menangani konseling, terapi perilaku untuk orang-orang yang membutuhkan penjelasan tentang masalah jiwa mereka. Psikolog juga mengadakan tes-tes IQ, dan tes bakat minat.

Apa bedanya dengan Psikiater?
Kedua bidang profesi ini sama-sama menangani masalah kejiwaan. Bedanya, seorang psikiater lebih menangani orang yang sudah sakit jiwa (gila), sedangkan Psikolog menangani yang masih dalam taraf normal, dengan konsultasi.

Nah perbedaan lainnya itu kalo psikiater harus menempuh pendidikan dokter, lalu menjadi dokter spesialis jiwa yang disebut Psikiater. Sedangkan Psikolog, nggak menempuh pendidikan kedokteran, tapi sebagai Sarjana Psikologi.

Apa menariknya?
Menariknya kalo masalah pasien kita bisa teratasi. Kita akan punya kebanggaan tersendiri. Jadi Psikolog juga bisa memahami berbagai perilaku dan kondisi jiwa orang lain.

Saran untuk anak muda yang pengen jadi Psikolog?
Kalo ingin jadi Psikolog, modal utamanya harus punya kasih. Harus punya niat yang kuat untuk belajar Psikologi di universitas yang ada. Jangan setengah-setengah, tapi maksimalkan potensi diri!

--------------------------------------------------------------------------------

Maria Monica Citra Tristyorini
Manager HRD Natasha Modeling School (sekolah model dan kepribadian)

Apa itu HRD?
HRD singkatan dari Human Resource Departemen (Departeman Sumber Daya Manusia). HRD punya fungsi sebagai pengontrol orang-orang yang bekerja dalam sebuah perusahaan. Seperti menangani pelamar kerja, prestasi kerja pegawai dan staf. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas kerja setiap orang dalam perusahaan itu.

Pekerjaan HRD itu seperti apa?
HRD dalam setiap perusahaan punya kebijakan yang berbeda-beda, tergantung dari peraturan perusahaannya. Yang pasti HRD punya fungsi dalam perekrutan karyawan baru dan sebagai pengontrol karyawan dalam perusahaan.

Apa sih menariknya?
Menariknya, profesi ini berhubungan dengan orang banyak. Selain kita bisa mengetahui berbagai karakter dan perilaku orang lain, kita juga bisa belajar, gimana membangun karakter diri sendiri. Kalo kita bisa membuat orang termotivasi, itu sebuah kepuasan yang luar biasa. Keuntungan lainnya, kita akan memiliki networking yang luas dari berbagai pihak.

Saran untuk anak muda yang tertarik jadi HRD?
Seorang HRD nggak boleh gampang nyerah! Masih banyak orang yang lebih susah dari kita yang harus ditolong. Percaya deh, kalo kita mampu memotivasi orang lain dan mereka bisa bangkit, itu merupakan kesenangan tersendiri. (*/Bb)

Kunci untuk meraih mimpi adalah percaya diri. Kunci untuk mendapatkan kepercayaan diri adalah persiapan! [planetpelajar.com]

0 komentar: