Sunday, September 5, 2010

Doa Mudik


Doa Untuk Keselamatan Dalam Bepergian dan Mohon Hajat

Hadis Qudsi:
Wahai Muhammad! Barangsiapa hendak keluar rumah untuk memenuhi suatu kebutuhan menuju (menuju Mekah, Karbala dan daerah lainnya) atau bepergian ke suatu tempat dan dia berharap pulang dengan selamat dan kebutuhannya terpenuhi, hendaknya sebelum keluar rumah dia berdoa:

(Teks Arab)

Dengan menyebut asma Allah aku keluar dan dengan ijin-Nya aku keluar rumah. Sungguh Dia mengetahui (kebutuhanku) sebelum aku keluar. Sungguh ilmu-Nya telah meliputi apa yang ada dalam bepergian dan kepulanganku. Aku bertawakal kepada Tuhan Yang Maha Besar sebagimana tawakal orang yang menyerahkan segala urusannya kepada-Nya. Aku meminta pertolongan kepadanya demi keberhasilan urusanku, memohon penambahan karunia-Nya, dan melepaskan dari diriku segala daya dan kekuatan kecuali yang berasal darinya. Aku bepergian sebagai orang yang sengsara (orang yang lemah) yang keluar dengan membawa kesengsaraannya menuju kepada Tuhan yang mampu menyingkirkan kesengsaraannya. Aku bepergian sebagai orang fakir yang membawa kefakirannya menuju kepada Tuhan yang mampu menutupi kefakirannya. Aku keluar sebagai orang miskin yang membawa kemiskinannya menuju kepada Tuhan yang mampu menjadikannya kaya. Aku keluar sebagai orang yang sangat percaya kepada Tuhannya dan amat berharap kepada-Nya. Allah adalah kepercayaanku dalam seluruh urusanku dan aku meminta pertolongan kepadanya dalam urusan tersebut. Tiada sesuatu terjadi kecuali berdasarkan kehendak Allah yang ditetapkan dalam ilmu-Nya. Aku memohon kepada Allah jalan keluar dan jalan pulang terbaik. Tiada Tuhan yang patut disembah kecuali Dia. Kepada-Nya lah tempat kembali.

Ketika seorang hamba memanjatkan doa ini, niscaya dia akan keluar dari arah dia masuk dengan membawa kebahagiaan dan Aku mengembalikannya ke tempat tinggalnya dalam keadaan selamat.


Agar Pulang ke Kampung Halaman Dengan Selamat

Hadis Qudsi:
Wahai Muhammad! Barangsiapa mengadakan perjalanan dan berharap pulang dengan selamat dan Aku memenuhi segala kebutuhannya, hendaknya dalam keterasingan dia berdoa:

(Teks Arab)

Wahai yang menyatukan hati di antara para penghuni surga dan yang memperkuat hubungan cinta di antara mereka; wahai yang menyatukan kepatuhan di antara orang yang Dia ciptakan untuk patuh kepada perintah-Nya; wahai yang menggembirakan hati setiap orang yang bersedih; wahai yang memberikan harapan kepada setiap orang yang terasing; wahai Tuhan yang menyayangiku dalam keterasinganku dengan penjagaan, perlindungan, dan pertolongan terbaik untukku; wahai yang membahagiakanku dari kesempitan dan kesedihan hati dengan cara menggabungkanku dengan orang-orang yang kucintai; wahai yang menyatukan hati di antara para kekasih, limpahkalah shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad. Janganlah Engkau jadikan aku menderita lantaran perpisahan dengan istri dan anakku dan jangan Engkau jadikan mereka sengsara lantaran perpisahan denganku. Aku memohon pada-Mu dengan segenap permohonan. Maka, kabulkanlah doaku. Itulah doaku yang kupanjatkan hanya kepada-Mu, maka sayangilah aku, wahai Yang Paling Pengasih di antara semua pengasih.

Tatkala seorang hamba memanjatkan doa ini, niscaya Aku menghiburnya dalam keterasingannya, mejaga keluarganya, memulangkannya dengan selamat, dan memenuhi segala kebutuhannya.

[Disadur dari kitab: Damon bo Duo]

Catatan: Maaf, teks arabnya blm saya cantumkan... (msh dlm proses pengetikan). Terima Kasih

0 komentar: