Saturday, June 19, 2010

Diantara Dua Kekuatan, Fisik dan Mental...

Kekuatan mental merupakan kekuatan yang ada di dalam tubuh manusia yang tak tampak secara fisik. Niat, tekad, keberanian, semangat, optimisme merupakan contoh dari kekuatan mental.

Orang yang sedang berpuasa dapat menahan lapar, dahaga, dan nafsu karena niat untuk menyelesaikan ibadahnya. Orang yang sakitpun dapat sembuh jika memiliki tekad yang kuat untuk sembuh. Orang berjalan kaki dapat menempuh jarak berkilo-kilo meter jika dia berpikir dapat menempuh jarak yang jauh tersebut. Dengan beberapa contoh tersebut, dapat kita tarik kesimpulan bahwa kekuatan mental dapat melebihi kekuatan fisik. Namun begitu kekuatan fisik juga dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Oleh karena hal itu, jika kita akan melakukan sesuatu hal jangan berprasangka buruk dulu terhadap suatu hal. Jangan mengeluh sebelum bertindak dan tetap optimisme dalam melakukan segala hal agar dapat menyelesaikan semua masalah dengan baik. Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan. Dan tetap semangat dalam menyelesaikan suatu karya serta jangan mudah menyerah!

Setiap makhluk hidup itu kuat!
Tidak ada yang lemah! Hanya tergantung dari banyak sedikitnya keberanian yang dia miliki!!
Kadang orang-orang yang penakut dianggap lemah!! Kadang orang yang berani dianggap kuat!! Padahal tidak seperti itu!!! Tergantung dia berani atau takutnya baik dalam hal kebaikan maupun kejahatan !!
Terkadang banyak orang yang dianggap pengecut oleh orang lain terkadang tidak!!!
Hidup itu memang penuh dengan keberanian dan pertaruhan (dalam arti positif)!
Terkadang banyak orang yang salah dalam manjalani jalan yang ia pertaruhkan dan itu tergantung dari keberanian yang ia miliki!!
Yang paling menarik lagi, terkadang orang dapat kelihatan lebih berani bila berada di depan orang yang dipercayainya dan sangat dilindunginya!!
Jadi, kekuatan bukan tergantung dari kuat tidaknya orang tersebut. Tetapi keberanian seseorang dalam mempertaruhkan pilihan yang ia pilih...

Kekuatan Dasar Manusia
Kekuatan Manusia yang dasar ada 3 macam yaitu :
- Emosi/Perasaan
- Fisik
- Mental

* Emosi(Perasaan)
Emosi adalah kekuatan manusia yang menggunakan perasaan atau hawa nafsu. Kekuatan ini tergantung dari perasaan masing-masing. Setiap perasaan akan mempengaruhi semua kekuatan fisik yang ada dalam tubuh manusia tersebut. Kekuatan Emosi di bagi menjadi 10 jenis yang bisa saya jelaskan :

- Benci
Kekuatan emosi yang paling kuat adalah kekuatan kebencian. Dimana kebencian dari hati menjadi sumber kekuatan yang sangat kuat tetapi mengerikan, karena selain melampaui batas normal manusia, kesadaran juga tidak dapat di kendalikan, kekuatan memang besar tapi tidak ada pengendalian dan ketepatan diri. Berarti secara otomatis dia akan menghajar siapa saja yang ada di sekitarnya. Kekuatan kebencian muncul akibat perasaan kesal, sedih, marah, atau kecewa akibat tidak bisa mencapai apa yang di inginkan.

- Marah
Kekuatan emosi marah bisa di katakan mengerikan, karena mampu dapat menghilangkan kesadaran diri sendiri. Tetapi hanya dengan melihat saja kekuatan emosi marah saja sudah sangat mengerikan. Tetapi pada saat marah maka kesadaran masih terdapat serta sehingga masih bisa mengendalikan diri, hanya saja mudah di permainkan, karena hanya memfokuskan pada kekuatan saja..

- Tidak punya Emosi / Perasaan
Kekuatan yang paling terkontrol adalah kekuatan hati yang tidak memiliki emosi. Hanya memusatkan pada akal pikiran saja. Sama sekali tidak menggunakan hawa nafsu, yaitu emosi maupun perasaan.. Memang kekuatanya tidak begitu kuat, tapi dapat mampu mengontrol kekuatanya(hatinya) dengan baik.

- Tenang
Kekuatan emosi Tenang adalah kekuatan yang menggunakan ketenangan hati dan memfokuskan pikiran hanya pada satu tujuan atau target. Tapi sangat suilit karena dibutuh konsentrasi dari perasaan yang ada didalam hati, serta pikiran yang tenang dan hanya fokus pada satu tujuan saja. Kekuatan ini sangat tidak stabil, karena mudah meningkat dan mudah menurun sesuai ketenangan hati serta konsentrasi pikiran.

- Semangat
Kekuatan semangat adalah kekuatan yang cukup kuat. Berasal dari keinginan untuk mencapai sesuatu dengan perasaan percaya dengan kemampuan diri sendiri. Hanya saja jika terlalu mengandalkan semangat maka akan mudah melupakan logika.. Serta agak sulit untuk di kendalikan karena lebih mengikuti perasaan atau hawa nafsu..

- Senang
Kekuatan emosi senang adalah kekuatan yang kuat. karena memiliki keinginan dan keteguhan, serta merasakan kekuatan yg luar biasa, serta akan terus selalu berkembang bila menggunakan kekuatan tersebut, dan selalu ingin maju melangkah kedepan. kekuatan yang agak sulit di kendalikan, karena terkadang dapat menjadi berlebihan.

- Persahabatan
Kekuatan emosi persahabatan adalah kekuatan yang paling menakjubkan. Dimana semua saling mendukung satu sama lain. Tidak ada yang menyalahkan. Saling percaya satu sama lain. Kekuatan inilah yang PALING SULIT untuk di gunakan, di karenakan kepercayaan terhadap sesama pada zaman ini sangatlah sulit.

- Cinta
Kekuatan emosi Cinta adalah kekuatan yang sangat kuat. kekuatan ini lebih cenderung emosi atau hawa nafsu. Manusia akan melakukan apapun bahkan sampai mengorbankan nyawa untuk seseorang yang dia cintai. kekuatan inipun dapat melalui batas normal kekuatan manusia biasa. Bahkan bisa melakukan beberapa hal yang bisa di bilang mustahil. kekuatan ini jarang muncul dengan keinginan sendiri biasanya muncul saat terdesak atau saat yang tidak terduga.

- Sedih
Kekuatan emosi sedih adalah kekuatan yang memang bisa di bilang lemah, tapi kekuatan ini sangat kuat untuk melindungi diri sendiri. Kekuatan perasaan sedih ini sangat sensitif, maka lebih pantas di sebut kekuatan bertahan manusia. Untuk menjaga dan melindungi diri sendiri. kekuatan inipun cenderung labil atau tidak seimbang di karenakan perasaan sangat mempengaruhi kekuatan tersebut.

- Malas
Kekuatan emosi malas bisa dikatakan bahwa kekuatan tersebut memang kekuatan yang paling lemah. Dengan tidak memiliki, keinginan, kepercayaan, keteguhan hati, persahabatan dan lain-lain. Kekuatan ini memang paling mudah di gunakan. tapi bisa di katakan seperti orang lemah yang tidak punya kekuatan sama sekali.


* Fisik
Kekuatan Fisik adalah kekuatan yang mengadalkan kekuatan tubuh manusia. Biasanya tubuh tersebut selalu dilatih agar menjadi kuat, sehat, dan enak di lihat. Kekuatan ini akan sesuai dengan keadaan fisik saja. Semakin sering dilatih maka fisik tersebut akan semakin kuat.


* Mental
Kekuatan mental pada manusia adalah kekuatan yang paling penting. Karena Dasar semua kekuatan manusia adalah kekuatan mental. Kekuatan Mental sangat mempengaruhi semua kekuatan yang ada pada manusia. semua manusia memiliki ruh. Serta semua kedudukan ruh pada manusia, hewan, dan tumbuhan aslinya adalah SAMA KUAT, SAMA BESAR, DAN SAMA PINTAR, DENGAN KATA LAIN SEIMBANG ATAU SEDERAJAT. Hanya karena tubuh kita yang membatasi kekuatan, kemampuan, dan bakat masing-masing manusia. Kekuatan mental pun ada ukuran atau batasan ketahananya. Seberapa manusia mampu menahan tekanan mentalnya masing-masing itu berbeda-beda. Kekuatan mental sangat mempengaruhi fisik. Jika kekuatan mental maka baik fisik akan emosipun akan baik. Tapi jarang sekali yang memiliki kedua-duanya secara seimbangbaik fisik maupun mental. Akan tetapi bila kekuatan mentalnya lemah maka akan mempengaruhi fisik juga, yaitu hati yang lemah, dan mudah sakit-sakitan. Jika mentalnya lemah manusia bisa saja pingsan bahkan mengalami KOMA, dan jika kekuatan mental manusia habis maka dapat menyebabkan KEMATIAN. []

1 comment:

  1. Aris Riski Darmawan2:11 PM, August 16, 2014

    bagus sangat bermanfaat (y)

    ReplyDelete